Jumat, 07 September 2012

Rangkaian Inverter 100 Watt

Rangkaian Inverter 100 Watt adalah rangkaian yang di gunakan apabila terjadi pemadaman aliran listrik secara tiba-tiba atau pemadaman listrik secara bergilir. Dengan adanya rangkaian inverter anda tidak perlu bingung, karena inverter akan memberikan tenaga energi alternatif.
Di dalam rangkaian inverter 100 watt terdapat komponen DC dan AC, dengan menggunakan komponen DC to AC inverter, anda akan dengan mudah mendapatkan listrik di mana saja, seperti di mobil, di toko dan di rumah. Inverter 100 watt sangat berguna saat terjadi pemadaman, apalagi bagi kita yang sedang memiliki usaha, pastinya tidak ingin usaha yang sedang anda jalankan terganggu gara-gara mati lampu.
Inverter adalah perangkat elektronik yang di gunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter akan mengaliri arus DC dari perangkat seperti baterai, accu, panel surya dan solar menjadi arus AC. Rangkaian inverter di bagi menjadi dua bagian, yaitu bagian multivibrator astable yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga secara terus menerus.
Kita bisa menggunakan multivibrator lain, seperti transistor atau IC NE 555, yang penting kita bisa mendapatkan sinyal keluaran yang mempunyai ayunan amplitudo. Pada bagian kedua yaitu bagian driver transistor dan transformator yang berfungsi sebagai swicthing dan penaik tegangan menjadi tegangan 220 volt.
Berikut ini gambar skema rangkaian inverter 100 watt sederhana yang menggunakan IC CD4047 dan MOSFET IRF540. Rangkaian yang akan kita rakit kali ini cukup murah dan sederhana serta dapat di rakit sendiri menggunakan papan PCB.
Rangkaian Inverter 100 Watt
Daftar komponen yang di gunakan dalam skema di atas :
Accu : 12V/7Ah
R1 : 330 OHM
R2, R6 : 1 K
R3, R4 : 220 OHM
R5 : 390 K
DIODA : 1N4007
LED
IC : CD4047
C2 : 0.01uF
C3 : 2200uF/25V
C4 : 0.1uF/600V
Q1, Q2 : IRF540
Trafo yang di gunakan pada skema di atas adalah jenis trafo centertap yang bisa menggabungkan dua buah sinyal input yang berkelibihan dari driver transistor menjadi satu buah sinyal ac yang sempurna. Prinsip kerja dari rangkaian ini cukup mudah untuk di pahami, karena anda hanya membutuhkan tegangan 220 volt dengan memanfaatkan aki 12 volt.
Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Inverter 100 Watt, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan rangkaian inverter. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian LED dan Rangkaian Seri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar