Jumat, 07 September 2012

Membuat Inverter 500 Watt

Membuat Inverter 500 Watt cukup mudah, karena sebagian dari komponen yang akan kita gunakan merupakan barang elektronik menggunakan arus listrik sebagai catu daya. Inverter 500 watt tidak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya pasokan arus listrik yang mengalir ke barang-barang elektronika tersebut. Dengan arus listrik yang memadai, maka pasokan daya di dalam inverter akan stabil.
Inverter adalah peralatan yang sangat berguna untuk dapat mengendalikan dari tegangan rendah dari sumber DC ke tegangan tinggi AC. Rangkaian inverter yang paling umum di gunakan bagi setiap orang adalah 12 volt ke 220 volt inverter. Itu di karenakan baterai yang di gunakan mempunyai tegangan 12 volt.
Rangkaian inverter 500 watt biasanya menarik arus yang mengalir dari baterai 12 DC. Baterai yang kita gunakan nanti harus dapat memberikan aliran arus yang cukup besar. Arus yang mengalir kemudian di ubah menjadi 220 volt AC yang berbentuk gelombang persegi, sehingga kita bisa menggunakan peralatan listrik yang bekerja pada tegangan 220 volt dari sumber 12 volt.
Namun tidak selamanya pasokan listrik yang kita gunakan terus memadai, seringkali karena adanya gangguan yang terjadi seperti kondisi cuaca atau tegangan teknis sehingga terpaksa pasokan listrik yang kita gunakan padam. Dengan padamnya aliran listrik, jelas berdampak besar bagi alat elektronika yang kita gunakan. Untuk menghindari terjadinya kerugian tersebut, kita tentu harus membuat inverter 500 watt.
Berikut ini gambar skema untuk membuat inverter 500 watt :
Membuat Inverter 500 Watt
Di dalam skema di atas, kita menggunakan tegangan DC 12 volt ke dalam AC 220 volt. Komponen 4047 yang terdapat pada gambar di gunakan untuk menghasilkan gelombang persegi 50 Hz dan memperkuat arus kemudian memperkuat tegangan dengan menggunakan komponen trafo.
Rangkaian yang kita buat berguna pada saat aliran listrik di rumah kita padam. Dengan menggunakan rangkaian ini, anda bisa melanjutkan pekerjaan tanpa harus terganggu dengan padamnya aliran listrik. Anda tidak akan mengalami gangguan produktivitas kerja selama tersedia inverter. Untuk sumber daya inverter, Anda bisa menggunakan Accu mobil atau sepeda motor atau panel surya. Perangkat ini sangat vital dimiliki untuk Anda yang mempunyai usaha foto copy, warnet, rental playstation, dan lain-lain.
Demikian penjelasan singkat mengenai cara Membuat Inverter 500 Watt, semoga info tentang pembuatan rangkaian ini berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Inverter 100 Watt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar